March 12, 2013

Berbahasa Indonesia di Belanda

Jika dibandingkan dengan negara lain, rasanya beruntung sekali orang Indonesia yang tinggal di Belanda. Hubungan historis yang terjadi di masa lampau, menjadi benang merah yang mengikat kerukunan warga Indonesia dan warga Belanda. Lihat saja, mudah betul mendapatkan restoran Indonesia di Belanda. Belum lagi toko Indonesia, jajanan Indonesia, Pasar Malam Indonesia, dan segala sesuatu yang berbau Indonesia...


Dari segala hal baik yang saya sebut diatas, ada satu hal yang menurut saya agak 'bittersweet' untuk orang Indonesia: yaitu bahasa. Orang Belanda cukup familiar (bahkan ada yang sangat fasih) dengan bahasa kita, bahasa Indonesia. 
Saya punya cerita, teman saya dan rekannya sedang berdesak-desakan di pusat kota, menonton keramaian karnaval musim panas. Karena postur tak tinggi, mereka 'hilang' ditelan kejangkungan orang Belanda. Karena kesal, lalu teman saya nyeletuk, "orang Belanda ini bau ketek semua yaa..." Tiba-tiba seorang Belanda di depan mereka, berbalik lalu berkata, "orang Indonesia juga...."
Hahahahhaaaaa........

Mungkin inilah salah satu kekurangan tinggal di negeri Belanda; kita tidak bisa lagi berbahasa yang satu, bahasa rahasia, bahasa Indonesia..... ^_______^

(Pssttt....saya pernah juga koq dapat ekstra buah dari penjual di pasar, hanya karena saya orang Indonesia dan dia BISA berbahasa Indonesia patah-patah!! hehehe.....)