January 2, 2013

Tradisi Oliebollen


Sudah jadi tradisi orang Belanda turun-temurun, menikmati oliebollen menjelang tahun baru. Kalo kita kan malam tahun baru hidangannya semeja makan lengkapnya. Kalo orang Belanda mah, cukup dengan sepiring gede oliebollen aja..hehehehe.... Makanya waktu suami saya mesen 20 biji oliebollen, koleganya bilang, "koq 20 aja??... saya aja sekali makan bisa habis 10..". Lalu suami saya bilang, "lhaa iyaa kalian sajiannya cuma oliebollen, kalo kami kan lopen buffet..." wkwkwkwkwkwkkkkk ;)





Oliebollen adalah penganan sederhana dari tepung lalu digoreng, kemudian dihidangkan dengan taburan gula halus. Di Manado ada juga kue seperti ini namanya Brot Goreng. Makin modern, oliebollen pun makin bervariasi isinya; pake kismis, irisan apel, coklat chips, dan lain-lain.

Temen saya cerita, ketika pertama kali dia di Belanda lalu makan oliebollen, mimiknya langsung 'weeekkkzzz' gituu... Pasalnya, orang-orang pada heboh kesenengan waktu tau seorang tante bawa oliebollen. Dia pun ikutan heboh rebutan oliebollen. Pas diicip, eehhh ternyataa, segitu ajaa rasanya... hahahahaaa....
Yah beginilah nasib tinggal di Londo, karena yang enak itu jarang maka yang rasanya biasa pun jadi luar biasa.... wkwkwkwkwkkkk.....

Yasud, sambil nyomot oliebollen, saya mau ngucapin: we wensen jullie geluk, gezond, gezellig, and gezegen nieuw jaar 2013.. !!!!!