December 30, 2012

a December's breakdown ;)

Walaupun udah tau sejak dulu tapi tetep aja masih suka lupa, bahwa sekuat-kuatnya badan ternyata tetep ada batasnya. Andai di toko dijual charger buat badan, pasti udah saya beli sejak lama...
Saking 'lupa'nya saya untuk nge-charge badan, hari Sabtu barusan saya tergolek sejenak di rumah sakit. Sejenak?? Iyaaa... soalnya 'cuma' sekitar 5 jam. Buat orang Belanda itu udah sesuatu banget, secara kalo di Belanda orang ga sembarangan nginap rumah sakit, ga kayak di Indo*beep* rawat inap udah kayak inap hotel  wkwkwkwkwkkk....

Setelah malam sebelumnya sempat black-out, saya dapet general check-up di rumah sakit plus sekantong 'injeksi' cairan. Puji Tuhan hasil laboratorium dan foto xray menyatakan saya negatif dari segala penyakit jahat.... Saya 'hanya' di-diagnosa dokter mengalami tekanan darah rendah dan kekurangan potasisum... 
Gara-gara diagnosa dokter, pulangnya ayah langsung mampir di restoran Cina, afhalen makanan-makanan kesukaan saya.... hahahahaaa......

Wahh, gara-gara kekurangan potassium, kayaknya saya bakal kayak monyet nih, dikit-dikit ngunyah pisang.... aiiiihhhhh deeeehhhhh...... ^_____^


Anyway, potassium (=kalium) adalah salah satu unsur (kurang yakin kalo penggunaan kata ini tepat..hehe!!) dalam tubuh yang mengatur keseimbangan cairan... Kekurangan potassium menyebabkan seseorang lemes-lemes, sedangkan kelebihan potassium membuat seseorang berpotensi darah tinggi. 

Dari pengalaman saya kemarin saya simpulkan bahwa sistem penanganan pasien di rumah sakit sini sungguh sangat 'express'. 
Awalnya saya disangka mengidap jantung (gara-gara saya black-out lalu dada saya terasa perih). Begitu selesai diperiksa dokter, saya langsung dirujuk ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjut. Di jam pertama, darah saya diambil untuk pemeriksaan, juga pemeriksaan darah arteri untuk melihat peredaran oksigen saya. Di jam kedua, saya diperiksa jantung sekaligus melakukan rontgen. Dalam beberapa jam ketika hasil keluar, saya lalu dinyatakan boleh pulang, dengan terlebih dahulu mendapat sekantong cairan infus. 
Saya lalu ingat masa-masa saya sering rawat inap di rumah sakit Indo*beep*. |Hari ini saya diambil darah, besoknya baru ketahuan hasilnya. Udah gitu harus nunggu dokter dulu baru dirontgen. Hasil rontgen keluar hari berikutnya, lalu masih menunggu dokter untuk diagnosa selanjutnya. Kalo dengan kasus saya kemarin, jika itu terjadi di Indo*beep*, saya udah minimal nginap seminggu deh di rumah sakit hehehehee....


Yahhh begitulah... Beda negara, beda pula sistemnya.. Yang jelas saya bersyukur, saya ga apa-apa dan boleh pulang ke rumah... Saya ga bisa bayangkan kalo melewati malam tahun baru di rumah sakit... Mana kalo rumah sakit di Belanda kan ga bisa ditungguin anggota keluarga... Bisa-bisa pergantian tahun saya nangis bombay sendiri di kamar rumah sakit wkwkwkwkwkwkwkk......

Btw, saya sempat merasa sangat bersalah memposting di fb foto saya lagi terbaring di rumah sakit dengan infus. Gara-gara foto itu, besok paginya saya bangun dengan 12 miskol dari papa saya.... Adek saya sampe ngomel-ngomel di whatsapp gara-gara telpon ga diangkat padahal papa mama saya udah khawatir tingkat dewa.... Duuuhhhhhh.......


Mudah-mudahan kita semua dianugerahi kesehatan dan kekuatan selama 2013 *amiiinnn.....*